KPU logo

KPU Kalimantan Tengah

Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya

Penyerahan DP4 Oleh Gubernur Kalteng

PALANGKA RAYA :  Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, secara resmi menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah, Daan Rismon dan pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan penyerahan DP4 Kabupaten/Kota yang langsung diberikan oleh Bupati/Walikota se-Kalimantan Tengah kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota. (Kamis, 7/2/13).

Data itulah yang akan diproses lebih lanjut oleh KPU menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu DPR, DPD daan DPRD pada 2014. Sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 2012 menyebutkan bahwa DP4 harus diserahkan dalam waktu bersamaan oleh pemerintah dan pemerintah daerah paling lambat 14 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Dari data yang diserahkan pemerintah provinsi, diketahui jumlah penduduk Kalimantan Tengah yang masuk DP4 sebanyak 1.868.357 jiwa. Gubernur Kalimantan Tengah yang mengutip sambutan Mendagri mengatakan, penyerahan DP4 merupakan bagian tahapan yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu 2014. Oleh karena itu, pemerintah telah berupaya mempersiapkan data kependudukan yang jauh lebih akurat sebagai bentuk perwujudan akuntabilitas, kewajiban dan tanggung jawab moral pemerintah dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pemilu.

Dalam rangka mempersiapkan data kependudukan yang akurat, pemerintah bersama pemerintah daerah telah mempersiapkan program srategis yang meliputi pemutakhiran data, penerbitan nomor induk kependudukan (NIK), dan penerapan e-KTP.  Pemanfaatan SIAK yang didukung perekaman sidik jari dan iris mata dalam e-KTP, akan lebih efektif dalam mengindentifikasi data ganda penduduk. Gubernur Kalimantan Tengah menerangkan pemutakhiran data kependudukan dilakukan dengan pencatatan kelahiran, kematian, pergi dan datang atau disingkat lampid.

Untuk selanjutnya dari DP4 KPU akan menyusun DPS, dalam proses penyusunan tersebut KPU akan melibatkan semua komponen masyarakat yang terkait, proses pemutakhiran tersebut kemudian akan menjadi DPT untuk Pemilu 2014.

Sehari sebelum penyerahan DP4 diadakan Rapat Koordinasi dan Pengendalian Penataan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil se-Kalteng dan Sosialisasi e-KTP tahun 2013, yang dihadiri oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kalimantan Tengah H Muchtar, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan, Komisioner KPU Kalimantan Tengah Edi Winarno dan Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Tengah Rigumi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Ketua KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. (Red)

KPU_002_DSC0021

KPU_004_DSC0035KPU_001_DSC0001

Comments are closed.

Subscribe to email feed

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter

Stand Up Commedy with KPU

Minggu malam 30 Maret 2014, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan ...

Pendistribusian Logistik Pemil

Palangka Raya, 17/3/14. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah hari ...

Deklarasi Damai Calon Anggota

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah beserta KPU Kota ...

Jalan Sehat Menuju Pemilu 2014

Palangka Raya (9/3), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan bersama dengan ...

Pelantikan PAW KPU Kab. Lamand

Palangka Raya, Selasa 7 Januari 2014 Ketua Komisi Pemilihan Umum ...

Debat Publik Pasangan Calon Bu

                                                                                                   

POLRES KAPUAS SIAP AMANKAN PEM

Kuala Kapuas -- Jajaran Polisi Resor (Resir) Kapuas telah menyiapkan ...

KPU KAPUAS DISTRIBUSIKAN DP4 K

Kuala Kapuas -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas telah ...

KPU KAPUAS SOSIALISASIKAN PENC

Kuala Kapuas--Tidak lama lagi Kabupaten Kapuas akan melaksanakan pesta demokrasi ...

KPU KAPUAS SIAP SUKSESKAN PEMI

Tiga Balon Bupati dan Wakil Bupati masih menunggu hasil verifikasi. Kuala ...