17
Mar

SOSIALISASI KPPD KALTENG TENTANG “PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PEMILU”

img20170316085900.jpg
Palangka Raya - Kamis (16/3) KPPD Kalteng mengadakan kegiatan Fokus Group Discussion  bersama Mahasiswa (i) FISIP UPR tentang “Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilu”. Pada kegiatan dimaksud, KPPD Kalteng juga mensosialisasikan keberadaan KPPD sebagai mitra dari KPU.

Ketua KPPD Kalimantan Tengah Sri Muliati menjelaskan “KPPD Kalteng diprakarsai, dibina dan dibentuk oleh KPU Kalteng. Anggota KPPD merupakan himpunan relawan dari Tenaga Pendidik, Disabilitas, Wartawan dan Kepemudaan.” Terbentuknya KPPD Kalteng karena kurangnya Partisipasi Pemilih pada Pemilu pada tahun - tahun sebelumnya. KPPD Kalteng yang terbentuk tanggal 20 Agustus 2016, mempunyai harapan agar Mahasiswa(i) UPR dapat bergabung dengan KPPD. Adapun Visi dari KPPD adalah menjadi mitra sosialisasi program penyelenggara Pemilu sedangkan Misinya meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggara Pemilu; mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya; memberikan pendidikan politik; meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses Demokrasi, dan membangkitkan semangat kesukarelawanan masyarakat sipil dalam mengikuti agenda Pemilu.

Materi tentang Pemilihan Umum, disampaikan H.Harmain Ibrahim (anggota KPU Kota Palangka Raya divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat), yang menjelaskan tentang tahapan pesnyelenggaraan Pemilihan Umum, syarat Pencalonan Walikota Tahun 2018 baik Pencalonan yang diusung oleh Partai Politik ataupun dari Perseorangan, syarat menjadi Pemilih, pencoblosan yang benar serta sah atau tidak sahnya surat suara. Sedangkan Wawan Wiraatmaja (anggota KPU Kota Palangka Raya divisi Perencanaan dan Data)  menjelaskan  tentang sejarah Pemilu di Indonesia dan  KPU sebagai Penyelenggara Pemilu. (Apr).