22
Aug

RPP Kalteng Kembali diKunjungi Masyarakat

resize.jpg
                            DISKUSI : Sepmiwawalma Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah (tengah) didampingi Sri Muliati (kiri) dan Ahmad Syar’i (kanan) bersama PATRI.
 
Palangka Raya - Untuk kesekian kalinya RPP (Rumah Pintar Pemilu) Kalteng dikunjungi masyarakat. Kali ini berasal dari organisasi Perhimpunan Anak Transmigran RI (PATRI). Kedatangan mereka merupakan hasil kerjasama KPPD (Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi) yang merupakan mitra KPU untuk membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan demokrasi termasuk keberadaan RPP di KPU Provinsi Kalimantan Tengah.

Tepat pukul 14.00 WIB, sekitar 16 orang yang terdiri dari 5 anak beserta pengurus PATRI sudah berkumpul di aula RPP. Mereka disambut hangat oleh petugas RPP dengan didampingi Sri Muliati. selaku Ketua KPPD yang langsung memperkenalkan apa itu KPPD serta tugas dan fungsi KPPD di Provinsi Kalimantan Tengah kepada peserta yang hadir.

Acara selanjutnya dipandu Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Ahmad Syar’i yang menjelaskan secara singkat tentang RPP, “KPU mengembangkan RPP sebagai sarana sosialisasi kepada seluruh segmen masyarakat, dengan harapan agar masyarakat mengetahui dan mempunyai kesadaran politik dan demokrasi.” ujarnya. Tahun 2016 yang lalu, KPU juga membentuk KPPD untuk membantu melaksanakan program KPU jangka panjangnya, tidak hanya menyelenggarakan Pemilu secara jujur dan adil, tetapi ikut terlibat langsung untuk menjadi penyelenggara Pemilu dari tingkat atas (KPU RI) sampai tingkat bawah (KPPS/Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), tambahnya.

Dalam pertemuan itu hadir juga Sepmiwawalma, Anggota KPU divisi Hukum sekaligus wakil divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat memberikan penjelasan tentang UU No. 7 Tahun 2017 yang baru saja disahkan serta memberikan waktu kepada peserta untuk melakukan tanya jawab. Setelah acara berakhir, peserta diajak untuk foto bersama. (Wln)