14
Aug

SMP & SMA Karya Kunjungi RPP

foto-agustus.jpg
Sesi Diskusi yang langsung dipimpin oleh Sepmiwawalma Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah Divisi Hukum

Palangka Raya, Senin (14/8)  Siswa – siswi SMP dan SMA Karya yang berjumlah 27 orang serta guru – guru yang berjumlah 7 (tujuh) orang mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Kalimantan Tengah, pada pukul 14.00 WIB.

Kedatangan para siswa tersebut di sambut oleh para staf dan Kasubbag Hukum Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Tengah. Siswa – siswi beserta guru – guru yang berkunjung dipersilahkan mengisi daftar hadir dan dilanjutkan petugas RPP menjelaskan tentang Rumah Pintar Pemilu (RPP),yang terdiri dari : 12 Display konten nasional dan 20 konten Lokal, Ruang Diskusi, Maket tentang Tempat Pemungutan Suara (TPS), Pemutaran Film Kepemiluan dan Dokumentasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2015 susulan.

Sesi pertama, Petugas RPP menjelaskan secara umum tentang konten – konten Display, sesi kedua penjelasan Maket tentang Alur TPS (Tempat Pemungutan Suara), sesi ketiga pemutaran Film pendek kepemiluan tentang Robo SP (pemenang festival film pendek KPU Tahun 2016), Film sejarah Pemilu di Indonesia dan Pemutaran tentang dokumentasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2015 susulan,sesi keempat yaitu diskusi dengan Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Tengah. Forum diskusi dibuka secara langsung oleh Sepmiwawalma (KomisionerKPU Provinsi Kalimantan Tengah). Dalam sesi diskusi Sepmiwawalma menerangkan tentang KPU Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari 5 (lima) orang Komisioner yang membidangi masing - masing divisi yaitu: Divisi  Keuangan; Umum dan Logistik; Divisi Teknis; Divisi Hukum; Divisi SDM & Partisipasi Masyarakat serta Divisi Perencanaan & Data. “Adapun syarat menggunakan hak pilih yaitu : 1). Tercatat sebagai warga/penduduk  yang berdomisili di wilayah Pemilihan berlangsung 2). Berusia 17 (tujuhbelas) tahun 3). Sudah menikah 4). Sudah mempunyai KTP – El atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (bagi warga yang KTP – El belum selesai tetapi telah melakukan perekaman dan terdata di database Disdukcapil),” lanjutnya.

Setelah sesi diskusi ditutup oleh Sepmiwawalma, maka acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan siswa – siswa SMP &SMU Karya serta Kepala Sekolah dan guru – guru SMA Karya. (Apr).